RELEVANSI PEMIKIRAN MUHAMMAD ABED AL-JABIRI TERHADAP STAGNASI PEMIKIRAN ARAB DALAM KARYANYA TAKWIN AL-‘AQL AL-‘ARABI (SUATU TINJAUAN MIMETIK)
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang konsepsi pemikiran pemikir Islam kontemporer Muhammad Abed al-Jabiri dalam karya Takwin al-‘Aql al-‘Arabi (Formasi Nalar Arab). Tujuan peneliti melakukan penelitian ini untuk menjelaskan kritik sosial Muhammad Abed al-Jabiri tentang masyarkat Arab. Metode penelitian yang digunakan pendekatan sosiologi sastra (suatu tinjauan mimetik) serta menjadikan Takwin al-‘Aql al-‘Arabi sebagai objek penelitian. Kemudian menemukan faktor yang mendasari terjadinya stagnasi pada masyarakat Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kritik sosial abed dalam Takwin al- ‘Aql al-‘Arabi adalah tentang pentingnya memakai ketiga model pemikiran dengan syarat tidak mendewakan salah satu diantaranya. Untuk, kemudian mampu menjadi manusia-manusia yang bijaksana. Kata kunci : Stagnasi, Bayani, Irfani, dan Burhani Relevansi Pemikiran Abed.Unduhan
Referensi
A. Khudori Soleh, M. Abid Al-Jabiri. 2003. Model Epistemologi Islam. Yogyakarta: Jendela.
Azis, Siti Aida. 2009. Sosiologi Sastra sebagai Pendekatan. kajiansastra.blogspot.com. Diakses pada (tanggal 13 Juli 2016).
Diaro. 2015. Pendekatan Mimetis Sosiologi Sastra. Diaropauah.blogspot.co.id. Diakses pada (15 Juni 2016).
Docslide. 2015. Teori Mimetik. Document.tips..html. Diakses pada (13 Februari 2016).
Endraswara, Suwardi. 2013:. Teori Kritik Sastra. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Faruk, Dr. 2003. Pengantar Sosiologi Sastra dari Strukturalisme Sampai Post- Moderenisme. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Fouda, Farag. 2005. Kebenaran yang Hilang (diterjemahkan oleh Zaid Rahman). Yogyakarta: Mizan.
Haeruddin, H. (2018). Teori Kenabian Al-Farabi. Nady Al-Adab
Harun, Hamzah. 2012. Karya-karya Muhammad al jabiri. hamzahharun. blogspot.co.id. Diakses pada (5 Juni 2016).
KBBI. Stagnasi. kbbi.web.id. Diakses pada (15 Maret 2016)
Khoiri, Imam. 2014. Formasi Nalar Arab. Yogyakarta: IRCiSoD. 60
Kontowijoyo. 2013. Muslim Tanpa Masjid. Yogyakarta: Mizan.
Manhijismd. 2010. Esai Eksistensialisme Makna Karya Sastra. manhijismd.wordpress.com. Diakses pada (25 Maret 2016).
Muhtaromslo. 2011. Sebab-sebab Terjadinya Stagnasi. Muhtaromslo.blogspot.co.id. Diakses pada (16 Mei 2016).
Pradopo, Rahmad Djoko dkk. 2001. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Reynold A. Nicholson. 1987. Tasawuf Menguak Cinta Ilahi. terj. A. Nashir Budiman. Jakarta: Rajawali.
Sogiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sujatmiko, Eko. 2014. Kamus IPS. Surakarta: Sinergi Media.
Suryabarata. 1998. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syafieh. 2013. Epistemologi Islam Muhammad Abid. syafieh.blogspot.co.id. Diakses pada (6 Juni 2016).
Todorov, Tzvetan. 1985. Sastra. Jakarta: w.a.l Stokhof Redaktur Seri.
Wellek, Rene dan Austin Warren. 1995. Teori Kesusastraan. Terj. Melani Budianta. Jakarta: Gramedia. 61
Zaid, Abu Hamid Nashr. 2004. Hermeneutika Inklusif. Yogyakarta: ICIP (International Center for Islam and Pluralism).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
All right reserved. The articles inthis journal are under copyright of journal Sarjana and the author of the article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal management