Main Article Content
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan tentang keterlibatan generasi muda (kaum kilenial) pada kontestasi pemilihan anggota legislative Kota Makassar pada tahun 2019. Berdasarkan hasil pemilihan yang dilaksanakan terdapat beberapa kandidat terpilih yang berasal dari kaum milenial, salah satunya adalah H. Ray Suryadi yang merupakan kader partai Demokrat. Dalam pemilihan yang dilakukan H. ray Suryadi memperoleh 8.741 suara. Tulisan ini kemudian bertujuan untyk menjelaskan strategi yang dilakukan oleh H. Ray Suryadi untuk memenangkan pemilihan. Berdasarkan wawancara yang dilakukan maka Nampak bahwa terdapat hubungan patron-klien yang berkontribusi apda kemenangan H. Ray Suryadi dalam pemilihan anggota legislative 2019 di Kota Makassar. H. Ray Suryadi merupakan direktur dari perusahaan yang bergerak dalam bidang perkinanan. Sehingga jenis patron-klien yang terbangun adalah punggawa-sawi yang mana hubungan ini berasal dari ketergantungan ekonomi klien terhadap patronnya. Hubungan yang ada berimplikasi pada dukungan yang diperoleh oleh H. Ray Suryadi dalam pemilihan. Para nelayan yang menggantungkan hidupnya pada perusahaan H. Ray Suryadi kemudian secara sukarela membantu dalam proses sosialisasi.
Keywords
pemilihan legislatif
kandidiat milenial
punggawa-sawi
patron-klien
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
How to Cite
Alfia, I. (2023). STRATEGI KANDIDAT MILENIAL DALAM UPAYA PEMENANGAN PEMILU LEGISLATIF 2019 DI KOTA MAKASSAR. Politics and Humanism, 2(2). https://doi.org/10.31947/jph.v2i2.32560