MEDIATISASI RUPA KOTA DALAM IKLAN MEIKARTA
DOI:
https://doi.org/10.34050/jlb.v13i1.4153Abstract
Iklan yang dijumpai di setiap sudut kota memperlihatkan hilangnya realitas kota. Mereka yang dianggap sebagai pembaca iklan, dituntut untuk memahami dan mengikuti realitas baru yang ditampilkan oleh iklan-iklan tersebut. Yang luput dari sini adalah bahwa kondisi kota atau sebutlah realitas kota yang sesungguhnya tidak dibicarakan bahkan diabaikan oleh pembuat atau mereka yang mengiklankan. Iklan hanya menjanjikan tanah impian (happyland) tanpa memperlihatkan berbagai dinamika di dalamnya. Iklan “tanah impian” Meikarta dengan gamblang memperlihatkan pengabaian realitas kota Jakarta dan masyarakat di dalamnya. Iklan perumahan ini menjanjikan kehidupan indah yang diimajinasikannya, dan membuat para pembacanya melihat bahwa kehidupan indah idealnya serupa dengan yang ada diiklan Meikarta tersebut. Hal ini memberi gambaran kondisi media saat ini, yang tidak lagi berangkat dari realitas, tetapi telah menciptakan realitas sendiri yang indah yang dipertontonkan kepada pembacanya. Penanda dalam hal ini realitas kota, telah diganti dengan petanda-petanda baru yang diciptakan oleh iklan Meikarta. Tulisan ini mengulas bagaimana tarik menarik antara realitas kota dan realitas baru yang ditampilkan dalam media iklan dan posisi “spectacle” (masyarakat, pembaca iklan) dalam tarik-menarik tersebut.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2018-09-20
Issue
Section
Articles