TENTANG KONSEP BERFIKIR SEJARAH

Authors

  • Mestika Zed Jurusan Pendidikan Sejarah & Kepala Pusat Kajian Sosial-Budaya & Ekonomi (PKSBE), Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.34050/jlb.v13i1.4147

Abstract

Tulisan ini memperbincangkan kembali apa yang diistilahkan sebagai konsep sejarah dalam posisi sejarah sebagai satu kajian ilmiah. Memperbincangkan kembali di sini bisa pula ditempatkan sebagai memperbaharui konsep berpikir sejarah terkait dengan perkembangan kurikulum pengajaran sejarah dan juga seperti apa peristiwa-peristiwa sejarah dianalisa dan ditulis dalam abad ke-21. Berpikir sejarah dalam proses pembelajaran sejarah ini menjadi penting, untuk menjadi perhatian bagi kalangan pengajar sejarah, bahwa peserta didik tidak hanya perlu dibekali dengan metode sejarah, tetapi juga cara berpikir sejarah. Dengan mengasumsikan bahwa para pengajar sejarah saat ini di Indonesia telah memperoleh dan mengetahui apa yang diistilahkan lima konsep dasar berpikir sejarah –perubahan, kausalitas, konteks, kompleksitas, kemungkinan-, tulisan ini dengan berdasar pada “The Historical Thinking Project yang dikembangkan di Kanada dan juga di Amerika, Australia dan Eropa, mengulas apa yang diistilahkan sebagai “The Big Six”, cara berpikir sejarah lanjutan. Dengan pemikiran ini, diharapkan riset sejarah bisa lebih kekinian dan juga lebih kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-20