DETEKSI DINI (SCREENING) PERKEMBANGAN ANAK DI KELURAHAN SULI, KABUPATEN LUWU

Early Detection (Screening) Child Development in Suli Village, Luwu Regency

Authors

  • Anita Lutfiyati Aswan Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin
  • Ifayanti Ridwan Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v8i2.26553

Keywords:

Stimulasi, Perkembangan, Deteksi Dini, KPSP

Abstract

Angka gangguan perkembangan anak cukup tinggi dengan prevalensi penyimpangan perkembangan pada anak usia di bawah 5 tahun di Indonesia yang mencapai 7.512,6 anak dari 100.000 populasi (7,51%) dan diperkirakan sekitar 1-3% anak di bawah usia 5 tahun mengalami keterlambatan umum. Kurangnya stimulasi dari orang tua menjadi salah satu faktor penyebab penyimpangan perkembangan anak. Oleh sebab itu, setiap anak penting untuk dilakukan deteksi dini penyimpangan perkembangan, hal ini bertujuan untuk menemukan secara dini adanya penyimpangan perkembangan anak. Kegiatan deteksi dini dilakukan di Posyandu dan secara door to door dengan menggunakan alat ukur Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP), terdapat 2 metode yang dilakukan yaitu mengajukan pertanyaan yang dijawab oleh ibu/pengasuh anak dan melakukan pemeriksaan anak sesuai dengan petunjuk KPSP. Adapun hasil yang didapatkan yaitu dari 28 anak, terdapat sebanyak 13 anak (47%) yang tergolong dalam kategori perkembangan “Sesuai”, terdapat sebanyak 11 anak (39%) yang tergolong dalam kategori perkembangan “Meragukan”, dan sebanyak 4 anak (14%) yang tergolong dalam kategori perkembangan “Penyimpangan”. Hasil deteksi dini tersebut membantu Ibu/Pengasuh anak untuk mendapatkan gambaran perkembangan anak normal/ sesuai umur atau ada penyimpangan, jika ditemukan penyimpangan dapat segera diberi intervensi untuk  mencapai perkembangan yang optimal. Kata kunci: Stimulasi, perkembangan, deteksi dini, KPSP.   ABSTRACT The high rate of developmental disorders in children with the prevalence of developmental deviations in children under the age of 5 years in Indonesia which reaches 7,512.6 children out of 100,000 population (7.51%) and it is estimated that around 1-3% of children under the age of 5 years experienced general delays. Lack of stimulation from parents is one of the factors that cause deviations in child development. So that every child is important for early detection of developmental deviations to be able to find early developmental deviations. Community service at the Posyandu and door to door using the Developmental Pre-Screening Questionnaire (KPSP) measuring instrument, there are 2 methods that are carried out, namely asking questions that are answered by the mother/caregiver and conducting child examinations according to KPSP instructions. The results obtained are from 28 children, there are as many as 13 children (47%) belonging to the "According" development category, there are 11 children (39%) belonging to the "Doubtful" development category, and 4 children (14%) belonging to the category of “Distortion” development. The results of early detection help mothers/caregivers to get a picture of normal/age-appropriate child development or there are deviations, if deviations are found, intervention can be immediately given to achieve optimal development. Keywords: Stimulation, development, early detection, KPSP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriana, R. Hubungan pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah di kelurahan tinjomoyo kecamatan banyumanik semar [Skripsi]. Diponogoro: Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro; 2012.

Fitriani, IS, Oktobriariani, RR. Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Orang Tua terhadap Pencegahan Penyimpangan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Balita. Health sci j indones. 2017:1(1): 1-9.

IDAI. Mengenal Keterlambatan Perkembangan Umum pada Anak [Internet]. 2021 [dikunjungi 17 Agustus 2021]. Diunduh dari: http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/mengenal-keterlambatan-perkembangan-umum-pada-anak

Inayah, FF, Khamidun. Achievement Standard Daycare Quality in Semarang City District Banyumanik. Early Childhood Education Papers. 2016:5(2), 74-8.

Kementrian Kesehatan RI. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Departemen Kesehatan; 2016.

Maddeppungeng M. Buku Panduan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Makassar: Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin; 2018

Rahardjo M M. Deteksi Dini Tumbuh Kembang (Early Developmental Screening). Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana; 2018.

Santrock JW. Child Development. New York: McGraw-Hill; 2010.

Sari E, Mardalena. Analisis Deteksi Dini Tumbuh Kembang Pada Balita Dengan Kuesioer Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Jurnal Aisyiyah Medika. 2021:6(2), 334-342.

UNICEF. The formative years: UNICEF’s work on measuring early childhood development [Internet]. 2019 [cited 17 August 2021]. Available from: https://data.unicef.org/resources/the-formative-years-unicefs-work-on-measuring-ecd/

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Aswan, A. L. ., & Ridwan, I. (2023). DETEKSI DINI (SCREENING) PERKEMBANGAN ANAK DI KELURAHAN SULI, KABUPATEN LUWU: Early Detection (Screening) Child Development in Suli Village, Luwu Regency. Jurnal Dinamika Pengabdian, 8(2), 263-274. https://doi.org/10.20956/jdp.v8i2.26553

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2