VIDEO PEMBELAJARAN LITERASI SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PENATAHAN
DOI:
https://doi.org/10.20956/jdp.v8i2.25467Keywords:
Penatahan, Literasi, Video PembelajaranAbstract
Sekolah Dasar Negeri 2 Penatahan merupakan salah satu sekolah yang terletak di Desa Sangketan. Keberhasilan Pendidikan pada suatu sekolah bisa dilihat berdasarkan kemampuan siswa pada hal literasi atau minat baca. Minat literasi yang rendah menunjukkan kualitas dari seorang siswa. Sehingga muncullah permasalahan yang sedang terjadi dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah adalah rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa saat pembelajaran kegiatan membaca yang ada di sekolah. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan dalam hal literasi terutama untuk anak-anak sekolah dasar. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman literasi ini yaitu dengan cara mengajar dengan memberikan materi melalui video animasi pembelajaran literasi kepada siswa/siswi Sekolah Dasar Negeri 2 Penatahan. Setelah pengabdian ini dilakukan, ternyata adanya peningkatan pemahaman mengenai literasi pada siswa sekolah dasar. Kata kunci: Sekolah Dasar Negeri 2 Penatahan, literasi, video pembelajaran. ABSTRACT Penatahan 2 Public Elementary School is one of the schools located in Sangketan Village. The success of education in a school can be seen based on students' abilities in terms of literacy or interest in reading. Low literacy interest shows the quality of a student. So that a problem that is happening in the world of education, especially in schools, arises, namely the low level of students' critical thinking skills when learning reading activities in schools. This service aims to increase interest in literacy, especially for elementary school children. Efforts are being made to improve literacy understanding by teaching by providing material through animation learning literacy videos to students of Penatahan 2 Public Elementary School. After this service was carried out, it turned out that there was an increased understanding of literacy in elementary school students. Keywords: Penatahan 2 Public Elementary School, literacy, learning videos.Downloads
References
Aulia Akbar JPSD Vol. 3 No. 1, Maret 2017 ISSN 2540-993.
Mustahgfiroh, Fadli Latul. 2020. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah dan Kualitas Layanan Perpustakaan terhadap Minat Membaca Siswa Kelas VII di MTsN 1 Ponorogo.
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Dinihari, Yulian. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kecepatan Tanggapan terhadap Minat Baca Siswa SD. Jurnal Basicedu. 3 November, 2019.
Rumaf, N., & Wahyuningsih, A. (2020). Penerapan Gaya Literasi Read and Writing Bagi Siswa di SD Labschool Stkip Muhammadiyah Sorong Warmon Kokoda Kabupaten Sorong. Jurnal Abdimasa, 3 (1), 21-27.
Santoso, H. (2016). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(budaya literasi dalam pembelajaran bahasa), 12–16.
Ariani, E. E. (2018). Pemanfaatan Literasi Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Di SMA Negeri 1 Kasihan. Skripsi.
Kharizmi, M., & Almuslim, U. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalammeningkatkan kemampuan literasi. Kesulitan Siswa Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi, 2(2), 11–21.
Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56-63.
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26-31.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Dinamika Pengabdian (JDP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis diwajibkan untuk menandatangani "Surat Perjanjian Hak Cipta" atau Copyright Agreement untuk penyerahan ijin kepada pihak jurnal untuk menerbitkan tulisannya.
Authors are required to sign a "Copyright Agreement" to submit permission to the journal to publish their writings.