PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PROMOSI DESA WISATA PANTAI PUNAGA BERBASIS DIGITAL DI DESA PUNAGA KECAMATAN MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR SULAWESI SELATAN

Authors

  • Samsuddin Amin Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Purwanto Purwanto Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin
  • Nosakros Arya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v7i2.18668

Keywords:

promotion, tourism, beach, Punaga,, digital

Abstract

Pantai Punaga terletak di Desa Punaga Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar Propinsi Sulawesi Selatan sebagai salah satu destinasi wisata bahari yang menawarkan keindahan alam tropis dengan pasir putih dan hembusan angin laut yang sejuk dan dikelilingi oleh tebing yang terbentuk secara alami. Permasalahan yang ditemukan dan solusi yang ditawarkan; (1) pemanfaatan promosi wisata Pantai Punaga yang belum maksimal, (2) belum adanya video promo wisata secara digital, (3) belum adanya website desa Punaga, (4) belum tersedianya akun media social promosi, dan (5) Belum adanya akun-akun media social oleh para penggiat UMKM di Kawasan Pantai Punaga. Secara umum terdapat 4 (empat) program utama yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yakni (1) Membuat website profil desa yang berisi tentang informasi-informasi terkait dengan sarana dan prasarana wisata khususnya pantai Punaga (2) Membuat dan Menyusun profil Pantai Punaga dalam bentuk audio visual dan media promo (flyer, brosur, dll) (3) Pembuatan media-media sosial official Pantai Punaga sebagai sarana promosi di dunia digital dan (4) Pendampingan anggota UMKM khususnya di sekitar Kawasan Pantai Punaga untuk membuat dan mengoperasikan akun media sosial mereka dalam mempromosikan produk maupun jasa mereka. Hal tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan kemitraan Desa Punaga dengan instansi lain yang menjadi mitra dalam berbagai usaha terkait peningkatan taraf hidup masyarakat. Pada dasarnya sebagian besar program yang akan diselenggarakan oleh tim KKN PPM Unhas bersifat program yang berkelanjutan, sehingga peran masyarakat sebagai pihak penerus utama harus paham tentang tata cara pengelolaan, perbaikan dan pengembangan seluruh hasil program yang telah diselenggarakan oleh tim KKN PPM Unhas.   Kata kunci: Promosi, Wisata, Pantai, Punaga, Digital. ABSTRACT Punaga Beach is located in Punaga Village, Mangarabombang District, Takalar Regency, South Sulawesi Province as a marine tourism destination that offers tropical natural beauty with white sand and cool sea breezes and is surrounded by naturally formed cliffs. Problems found and solutions offered; (1) the utilization of the Punaga Beach tourism promotion has not been maximized, (2) there is no digital tourism promo video, (3) there is no Punaga village website, (4) there are no promotional social media accounts, and (5) There are no social media accounts by MSME activists in the Punaga Beach area. In general, there are 4 (four) main programs that can be carried out to improve the community's economy, namely (1) Creating a village profile website containing information related to tourist facilities and infrastructure, especially Punaga beach (2) Creating and compiling a profile of Punaga Beach in the form of audio visual and media promos (flyers, brochures, etc.) (3) Making official Punaga Beach social media as a means of promotion in the digital world and (4) Assisting MSME members, especially around the Punaga Beach area to create and operate their social media accounts in promoting their products and services. It aims to strengthen the partnership relationship of Punaga Village with other agencies that are partners in various efforts related to improving people's living standards. Basically, most of the programs that will be held by the Unhas PPM KKN team are sustainable programs, so the role of the community as the main successor must understand the procedures for managing, improving and developing all program results that have been carried out by the Unhas PPM KKN team. Keywords: Promotion, Tourism, Beach, Punaga, Digital.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade M.Yuardani, Heriyanto, Qadri, Rinaldi, H., Wana, D., Tandra, R., Sulaiman, & Prestoroika, E. 2021. Pemberdayaan masyarakat berbasis pendampingan untuk pengembangan pariwisata pada Desa Sungai Kupah. Jurnal Abdidas, 2(2), 176–185.

Adhanisa, C., & Fatchiya, A. 2017. Efektivitas website dan instagram sebagai sarana promosi kawasan wisata berbasis masyarakat. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 1(4), 451–466.

Amin, S., Purwanto, & Arya, N. 2020. Pemberdayaan masyarakat melalui eksplorasi potensi desa dan evaluasi kinerja infrastruktur desa berbasis internet di Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin, 1(1), 24–33.

Gautama, B. P., Yuliawati, A. K., Nurhayati, N. S., Fitriyani, E., & Pratiwi, I. I. 2020. Pengembangan desa wisata melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 355–369.

Saepudin, E., Budiono, A., & Halimah. 2019. Pengembangan Desa Wisata Pendidikan di Desa Cibodas Kabupaten Bandung Barat. Sosiohumaniora, 21(1), 1–10.

Saepudin, E., & Halima, M. 2019. Promosi Desa Wisata Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(5), 101–106.

Wardana, E., Akib, H., & Didin. 2021. Strategi kebijakan pengembangan pariwisata Pantai Punaga di Kabupaten Takalar. Jurnal Aktor, 1(1), 43–54.

Warmayana, I. G. A. K. 2018. Pemanfaatan digital marketing dalam promosi pariwisata pada era industri 4.0." Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81–92.

Downloads

Published

2022-05-23

How to Cite

Amin, S., Purwanto, P., & Arya, N. . (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PROMOSI DESA WISATA PANTAI PUNAGA BERBASIS DIGITAL DI DESA PUNAGA KECAMATAN MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR SULAWESI SELATAN. Jurnal Dinamika Pengabdian, 7(2), 339-347. https://doi.org/10.20956/jdp.v7i2.18668