PELATIHAN MOTIVASI DAN PENGEMBANGAN USAHA BAGI PENGURUS DAN ANGGOTA UMKM DI KABUPATEN WAJO MENGHADAPI SHOCK PANDEMI COVID-19

Authors

  • A.Ratna Sari Dewi Hasanuddin University
  • Abdul Rahman Kadir
  • Nurdjanah Hamid
  • Ria Mardiana

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v6i2.11857

Keywords:

Pelatihan , Motivasi, daring dan Luring

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah meningkatkan motivasi, pengetahuan dan pemahaman kelompok masyarakat UMKM di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan tentang motivasi untuk pengembangan usaha bagi UMKM binaan Dinas Perindustrian, perdagangan, koperasi dan UKM Kabupaten Wajo. Dua UMKM yang menjadi mitra adalah UMKM Lion Putra Perdana, dan UMKM Wanita Sejahtera. Metode pendekatan yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan mitra tersebut adalah: (1) Pertemuan secara daring dan luring; (2) Ceramah singkat tentang penjelasan materi yang disajikan pada kegiatan ini; (3) Diskusi dan Latihan Kelompok untuk membahas kasus-kasus dengan mengambil contoh kasus usaha dari beberapa peserta sehubungan denganĀ  materi yang disajikan; (4) Game dan Simulasi dengan menyajikan beberapa games/permainan-permainan yang terkait dengan bisnis untuk memperoleh refleksi sekaitan dengan aktifitas usaha anggota/pengurus UMKM. Pihak-pihak yang terlibat dalam ceramah, diskusi serta games dan simulasi adalah pemateri, peserta, fasilitator, dan panitia. Beberapa metode dikombinasikan dalam aplikasinya sehingga meningkatkan partisipasi dan pemahaman seluruh peserta dalam proses pelatihan. Output pengabdian ini adalah artikel yang diterbitkan pada jurnal pengabdian pada masyarakat atau jurnal yang relevan dan sebagai tambahan dimuat pada media cetak online yakni fajar.com. Kata kunci: Pelatihan, motivasi, daring dan luring. ABSTRACT The purpose of this community service activity is to increase the motivation, knowledge and understanding of MSME community groups in Wajo Regency, South Sulawesi about the motivation for business development for MSMEs assisted by the Department of Industry, trade, cooperatives and SMEs of Wajo Regency. The two MSMEs that become partners are the Lion Putra Perdana MSME and the Wanita Sejahtera MSME. The approach methods offered to resolve the partners' problems are: (1) Online and offline meetings; (2) a short lecture on the explanation of the material presented in this activity; (3) Group Discussions and Exercises to discuss cases by taking examples of business cases from several participants in relation to the material presented; (4) Games and Simulations by presenting several games/games related to business to gain reflection in relation to the business activities of MSME members/managers. The parties involved in lectures, discussions as well as games and simulations are presenters, participants, facilitators, and committees. Several methods are combined in their application so as to increase participation and understanding of all participants in the training process. The output of this service is articles published in community service journals or relevant journals and additionally published in online print media, namely Fajar.com. Keywords: Training, motivation, online, and offline.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS Kabupaten Wajo, 2013. Kabupaten Wajo Dalam Angka 2013

BPS Sulawesi Selatan, 2013. Sulawesi Selatan Dalam Angka 2013

BPS Kabupaten Wajo, 2014. Indikator Ekonomi Kabupaten Wajo Tahun 2013

BPS Sulawesi Selatan, 2014. Indikator Ekonomi Sulawesi Selatan Tahun 2013

Laporan Dinas UMKM dan UMKM Sulawesi Selatan tahun 2012, Makassar

Statistik Kementerian UMKM dan UMKM (KUKM) 2013, Jakarta

UU No. 25 Tahun 1992 Tentang Koperasi, Jakarta

Downloads

Published

2021-08-22

How to Cite

A.Ratna Sari Dewi, Kadir, A. R., Hamid, N., & Mardiana, R. (2021). PELATIHAN MOTIVASI DAN PENGEMBANGAN USAHA BAGI PENGURUS DAN ANGGOTA UMKM DI KABUPATEN WAJO MENGHADAPI SHOCK PANDEMI COVID-19. Jurnal Dinamika Pengabdian, 6(2), 357-364. https://doi.org/10.20956/jdp.v6i2.11857