Evaluasi Kebijakan Program Pemberian Dana Bantuan Operasional Sekolah (Studi Kasus pada Sekolah Dasar di Kabupaten Mamuju Utara)
Abstract
Berbagai kendala dalam program pemberian dana BOS di Kabupaten Mamuju Utara. Penelitian ini bertujuanuntuk mengumpulkan informasi yang terkait dengan hasil evaluasi pelaksanaan dari program pemberiandana bantuan operasional sekolah (BOS ) pada Sekolah Dasar di Kabupaten Mamuju Utara, denganmelihat atau mengukur evaluasinya menggunakan Kriteria evaluasi seperti efektifitas, kecukupan, perataan,responsivitas dan ketepatan. Penelitian ini menggunakan Metode atau pendekatan kualitatif dengan desainpenelitian studi kasus, adapun yang menjadi kasus dalam penelitian ini yaitu kasus yang menjadi rumusanmasalah peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan) langsung dilapangan,wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan secara Purposive, denganmelihat kesesuaian antara calon informan dengan informasi yang dibutuhkan. Data dianalisis dengan reduksidata, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menujukkan bahwa dari hasil evaluasiprogram pemberian dana bantuan operasional sekolah pada sekolah dasar di Kabupaten Mamuju menunjukkanbahwa program ini sudah dijalankan dengan cukup baik dan dapat dilanjutkan, namun begitu masihada catatan yang menjadi kekurangan dan kelemahan dalam program ini sehingga diperlukan kajian ulanguntuk keberhasilan dan kemaksimalan dari tujuan program dana BOS itu sendiri. AbstractVarious problems in the school operational funds program in North Mamuju regency .This study aims toevaluate of the implementation of a program of school operational funds (known as BOS) at the elementarySchools in North Mamuju. The variables of this study are effectiveness, adequacy, alignment, responsivenessand accuracy. This study use qualitative method or approach to the design of case study research,as for that being the cases in this study is the case that the formulation of the research problem. Data wascollected by observation in the field, in-depth interviews, and documentation. The determination of conductedpurposive informant, the informant saw the fit between a candidate with the required information.Data were analyzed with data reduction, data display, and draw conclusions. This study was shows thatthe evaluation of the results of operational assistance grant program at the school in elementary schoolMamuju shows that this program is executed quite well and can continue, but there is still a record to beflaws and weaknesses in the program so it is necessary to review it maximize of success and goals of theprogram itself BOS.
References
Agustino, Leo. (2008). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Danim, Sudarwan.( 2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung : Pustaka Setia.
Dunn, William, (2003). Analisis Kebijakan Publik, Jogjakarta : Gadjah Mada University.
Haqim, Luqmanul. (2007) . Analisis pemantauan outcome program Bantuan operasional (bos) Di madrasah tsanawiyah gresik. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang
Hutasuhut, Mustika Sastia. (2010). Evaluasi pelaksanaan program bantuan operasional sekolah di sekolah dasar negeri no. 125549 kelurahan martoba kecamatan siantar utara pematangsiantar. Medan : USU
Karding, Abd. Kadir. (2008). Evaluasi pelaksanaan program Bantuan operasional sekolah ( BOS ) Sekolah menengah pertama negeri Di kota semarang. Semarang : Universitas Diponegoro
Kementrian Pendidikan Nasional. (2010) . Buku Panduan Bantuan Operasional Sekolah. Jakarta : Kemendiknas
Nugroho,Riant.(2009). Public Policy. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.
Peraturan Pemerintah, RI No 48 Tahun (2008). Tentang Pendanaan Pendidikan. Jakarta: Pemerintah RI.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun (2010). Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Dan Laporan Keuangan Bantuan Operasional Sekolah Tahun Anggaran 2011. Jakarta: Kemendiknas
Subarsono, (2005). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin Abdul Jabar, (2004). Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis Bagi Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta
Wibawa, Samodra, dkk, (1994). Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Winarno, Budi, (2004). Teori dan Proses Kebijakan Publik, Edisi/Cetakan Kedua. Jogjakarta: Media Pressindo,
Winarno, Budi. (2012). Kebijakan Publik, teori,proses dan studi kasus. Jakarta : CAPS. PT. Buku Seru.
Wirawan.(2012).Evaluasi,Teori,Model,Standar,Aplikasi dan Profesi. Jakarta : Rawjawali Press.
Yusuf, Farida. (2008). Evaluasi Program Dan Instrumen Evaluasi Untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan.( 2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung : Pustaka Setia.
Dunn, William, (2003). Analisis Kebijakan Publik, Jogjakarta : Gadjah Mada University.
Haqim, Luqmanul. (2007) . Analisis pemantauan outcome program Bantuan operasional (bos) Di madrasah tsanawiyah gresik. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang
Hutasuhut, Mustika Sastia. (2010). Evaluasi pelaksanaan program bantuan operasional sekolah di sekolah dasar negeri no. 125549 kelurahan martoba kecamatan siantar utara pematangsiantar. Medan : USU
Karding, Abd. Kadir. (2008). Evaluasi pelaksanaan program Bantuan operasional sekolah ( BOS ) Sekolah menengah pertama negeri Di kota semarang. Semarang : Universitas Diponegoro
Kementrian Pendidikan Nasional. (2010) . Buku Panduan Bantuan Operasional Sekolah. Jakarta : Kemendiknas
Nugroho,Riant.(2009). Public Policy. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.
Peraturan Pemerintah, RI No 48 Tahun (2008). Tentang Pendanaan Pendidikan. Jakarta: Pemerintah RI.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun (2010). Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Dan Laporan Keuangan Bantuan Operasional Sekolah Tahun Anggaran 2011. Jakarta: Kemendiknas
Subarsono, (2005). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin Abdul Jabar, (2004). Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis Bagi Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta
Wibawa, Samodra, dkk, (1994). Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Winarno, Budi, (2004). Teori dan Proses Kebijakan Publik, Edisi/Cetakan Kedua. Jogjakarta: Media Pressindo,
Winarno, Budi. (2012). Kebijakan Publik, teori,proses dan studi kasus. Jakarta : CAPS. PT. Buku Seru.
Wirawan.(2012).Evaluasi,Teori,Model,Standar,Aplikasi dan Profesi. Jakarta : Rawjawali Press.
Yusuf, Farida. (2008). Evaluasi Program Dan Instrumen Evaluasi Untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Authors
Akbar, M. F. (2017). Evaluasi Kebijakan Program Pemberian Dana Bantuan Operasional Sekolah (Studi Kasus pada Sekolah Dasar di Kabupaten Mamuju Utara). JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 2(1), 47-64. https://doi.org/10.31947/jakpp.v2i1.1521
Copyright and license info is not available