Main Article Content
Abstract
Artikel ini akan menjelaskan perbandingan sistem wakaf di negara Malaysia dan Arab Saudi. Setiap negara memiliki sistem pengelolaan wakaf berbeda yang mendukung kebijakan distribusi sosial. Malaysia dikelola oleh Dewan Agama Islam Negara, karena Malaysia adalah negara federal dan setiap negara memiliki SIRC untuk mengelola wakaf. Arab Saudi yang dikelola oleh lembaga khusus yang disebut Majelis Tinggi Wakaf diketuai oleh Menteri Haji dan Wakaf, dengan kewenangan untuk mendistribusikan aset wakaf sesuai mandat yang diberikan oleh wakif. Penelitian ini menggunakan metode komparatif dengan menganalisis dua objek yang kemudian menghasilkan persamaan dan perbedaan sistem wakaf untuk menemukan faktor-faktor kebijakan distribusi sosial dan implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan secondary analysis, yaitu menggunakan data sekunder, seperti jurnal-jurnal dan official website. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dalam pengelolaan wakaf yang dikelola oleh masing-masing organisasi di negaranya dan memiliki kewenangan yang berbeda-beda namun hasilnya tetap menjadikan wakaf sebagai salah satu kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk negaranya.
Keywords
Article Details
References
- Adlin Muktadin, MD (2022). Perkembangan Pengelolaan Wakaf di Bangladesh dan Malaysia. Makassar: Universitas Islam Neger Alauddin makassar.
- Adriana Syarifatur Rakhmat, d. I. (2022). Pengelolaan Zakat dan Wkaf di Malaysia dan Turki: Studi Komparatif. iltizam journal of shariah economic research Vol 6, No 1 , 53-54.
- Afendi, MR (2010). Manajemen dan Administrasi Wakaf di Malaysia : Implementasinya Dari. Tinjauan Akuntansi Malaysia, Edisi Khusus,. 115-121.
- Al-Asyhar, AD (2007). Menuju Era Wakaf Produktif. Jakarta: Mumtaz Publishing.
- Alomair, M. (2018). Tata kelola dan akuntabilitas lembaga wakaf perusahaan di Arab Saudi. London: Universitas London.
- Candra. (1 Februari 2009). “Wakaf di berbagai Negara Muslim dan Alih fungsi harta wakaf".
- candra. (2009). “Wakaf di berbagai Negara Muslim dan Alih fungsi harta wakaf".
- Fahruroji, D. (2020). WAKAF KESEHATAN DI PAKISTAN DAN MALAYSIA. Jakarta: Badan Wakaf Indonesia.
- Hafidz, JZ (2021). Kedudukan wakaf dalam ekonomi dan strategi pengembangannya. jurnal kajian hukum islam , 114.
- Kasdi, A. (2017). Dinamika Pengelolaan Wakaf Di Negara-Negara Muslim. jurnal Zakat dan Wakaf Vol 4 No 1 , 78-79.
- MA, DH (2017). Dinamika Perwakafan Di Indonesia dan Berbagai Belahan Dunia. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia, Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam, Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf.
- Malik, SJ (2012).
- Mohsin, M.i. (2013).
- Nanji, A. (2004). Atlas Sejarah Dunia Islam. amerika serita: (Harvard: Harvard University press.
- Nisful laila, RT (2022). Kewaspadaan Terhadap Kewirausahaan Wakaf Di Malaysia dan Indonesia: Investigasi Amerika. AL-Sajarah ISTAC Jurnal Pemikiran dan Peradaban Islam Vol 27 No 1 , 80.
- Nurwahida, ZM (2022). Perkembangan pengelolaan wakaf dimesir dan Arab Saudi. MAKASAR: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASAR.
- Rahmany, S. (2019 ). Wakaf Produktif di Malaysia. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita Vol 8 No 1 , 54.
- Saputri, O. b. (2019). Komparasi implementasi pengelolaan uang wakaf sebagai instrumen alternatif kebijakan fiskal negara. Jurnal masharif al-syariah , 184.
- Syah, N. (2009).
- Suwaidi, A. (2011). WAKAF DAN PENERAPANNYA DI NEGARA MUSLIM. Jurnal ekonomi dan hukum Islam Vol 1 No 2 , 24-26.
References
Adlin Muktadin, MD (2022). Perkembangan Pengelolaan Wakaf di Bangladesh dan Malaysia. Makassar: Universitas Islam Neger Alauddin makassar.
Adriana Syarifatur Rakhmat, d. I. (2022). Pengelolaan Zakat dan Wkaf di Malaysia dan Turki: Studi Komparatif. iltizam journal of shariah economic research Vol 6, No 1 , 53-54.
Afendi, MR (2010). Manajemen dan Administrasi Wakaf di Malaysia : Implementasinya Dari. Tinjauan Akuntansi Malaysia, Edisi Khusus,. 115-121.
Al-Asyhar, AD (2007). Menuju Era Wakaf Produktif. Jakarta: Mumtaz Publishing.
Alomair, M. (2018). Tata kelola dan akuntabilitas lembaga wakaf perusahaan di Arab Saudi. London: Universitas London.
Candra. (1 Februari 2009). “Wakaf di berbagai Negara Muslim dan Alih fungsi harta wakaf".
candra. (2009). “Wakaf di berbagai Negara Muslim dan Alih fungsi harta wakaf".
Fahruroji, D. (2020). WAKAF KESEHATAN DI PAKISTAN DAN MALAYSIA. Jakarta: Badan Wakaf Indonesia.
Hafidz, JZ (2021). Kedudukan wakaf dalam ekonomi dan strategi pengembangannya. jurnal kajian hukum islam , 114.
Kasdi, A. (2017). Dinamika Pengelolaan Wakaf Di Negara-Negara Muslim. jurnal Zakat dan Wakaf Vol 4 No 1 , 78-79.
MA, DH (2017). Dinamika Perwakafan Di Indonesia dan Berbagai Belahan Dunia. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia, Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam, Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf.
Malik, SJ (2012).
Mohsin, M.i. (2013).
Nanji, A. (2004). Atlas Sejarah Dunia Islam. amerika serita: (Harvard: Harvard University press.
Nisful laila, RT (2022). Kewaspadaan Terhadap Kewirausahaan Wakaf Di Malaysia dan Indonesia: Investigasi Amerika. AL-Sajarah ISTAC Jurnal Pemikiran dan Peradaban Islam Vol 27 No 1 , 80.
Nurwahida, ZM (2022). Perkembangan pengelolaan wakaf dimesir dan Arab Saudi. MAKASAR: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASAR.
Rahmany, S. (2019 ). Wakaf Produktif di Malaysia. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita Vol 8 No 1 , 54.
Saputri, O. b. (2019). Komparasi implementasi pengelolaan uang wakaf sebagai instrumen alternatif kebijakan fiskal negara. Jurnal masharif al-syariah , 184.
Syah, N. (2009).
Suwaidi, A. (2011). WAKAF DAN PENERAPANNYA DI NEGARA MUSLIM. Jurnal ekonomi dan hukum Islam Vol 1 No 2 , 24-26.