Main Article Content

Abstract

This study aims to find out about the threat of Alibaba Group expansion of local E-commerce in Indonesia, as well as the attitude of the  Government of Indonesia   to Alibaba Expansion Group, research method used is Descriptive Data collection techniques used by the authors is the form of library research and study Document that is by collecting literature relating to the subject matter  to  be  discussed,  and see the developments that occur from the discussion studied by the author.
The results of this study indicate that with the existence of Alibaba Group Expansion there are several threats to E-commerce in Indonesia, among others, is the competition between foreign E-commerce companies with large capital in its operation as well as the potential strikes of Chinese production goods caused by access and marketing more easy. The Indonesian government's attitude towards Alibaba Group expansion is by issuing Perpres no.44 of 2016 and the policy of E- commerce Road Map in Indonesia which contains about protection and guidance   on local E-commerce in order to compete with foreign players and strengthening Infrastructure to support Ecosystem of E-commerce in Indonesia.
 
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang ancaman ekspansi  Alibaba  Group terhadap E-commerce lokal di Indonesia, serta sikap pemerintah Indonesia terhadap Ekspansi Alibaba Group, Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah berupa telaah pustaka (library research) dan studi dokumen yaitu dengan mengumpulkan literatur yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang akan dibahas, serta melihat perkembangan yang terjadi dari pembahasan yang diteliti oleh penulis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya Ekpansi Alibaba Group terdapat beberapa ancaman bagi E-commerce di Indonesia antara lain adalah persaingan antara perusahaan E-commerce asing dengan modal yang besar dalam operasinya serta adanya potensi gempuran barang  produksi  China  diakibatkan  oleh akses masuk dan pemasaran yang lebih mudah. Sikap pemerintah Indonesia terhadap Ekspansi Alibaba Group ini adalah dengan mengeluarkan Perpres no.44 tahun 2016 serta adanya kebijakan Road Map E-commerce di  Indonesia  yang  mana berisi tentang perlindungan dan bimbingan pada E-commerce lokal  agar dapat bersaing dengan pemain asing dan penguatan  Infrastruktur  untuk  mendukung ekosistem E-commerce di Indonesia.

Keywords

expansion Alibaba ecommerce

Article Details

References

  1. BUKU
  2. Ahmadi, Candra & Dadang Hermawan, E-Business dan E-Commerce. Penerbit Andi Yogyakarta, 2013
  3. Adi Nugroho,e-Commerce; Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Informatika Bandung. Bandung,2006
  4. Bonie Setiawan, 2001, Menggugat Globalisasi, Jakarta : INFID dan IGJ
  5. Coen Husain Pontoh, “Membongkar Tipuan Globalisasi”, dalam pengantar buku Mcglobal Gombal ; Globalisasi dalam Perspektif Sosialis, Yogyakarta : Cubuc kerjasama dengan Sumbu, 2001,
  6. Holsti, Holsti, K. J. The Dividing Discipline: Hegemony and Diversity in International Theory, Boston, Allen & Unwin, 1985.
  7. Irham fahmi, Ekonomi politik: teori dan realita, bandung, penerbit alfabeta, 2013 James Petras dan Henry Veltmeyer, dalam bukunya yang berjudul Imprealisme Abad 2001, terjemahan dari Globalization Unmaked : Imprealism in the 21" Century, 2002
  8. Jackson.R dan sorensen, Pengantar Studi Hubungan. Internasional. Diterjemahkan oleh: Dadan Suryadipura. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005
  9. Joan E. Spero, The Politics of International Economic Relations,1985 Madura Jeff, Pengantar Bisnis, Edisi Pertama, Jakarta,Salemba Empat,2001
  10. Mahmud Akhter Shareef, Proliferation of the Internet Economy: E-commerce for Global Adaption, Resistance, and Cultural Revolution Hershey:Information Science Reference, 2009
  11. Mahmud Thoha, Gobalisasi Krisis Ekonomi dan Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan, Jakarta,Pustaka Quantum, 2002
  12. Mansour Fakih, Jalan Lain, Manifesto Intelektual Organik, Yogyakarta: Insits Press dan Pustaka Pelajar, 2002
  13. Mochtar Buchori, Pendidikan Antisipatoris,Yogyakarta: Kanisius, 2001
  14. Mohtar Mas’oed, Perusahaan Multinasional dalam EPI, dalam Kumpulan Diktat Mata Kuliah Ekonomi Politik Internasional,1997
  15. Richard W. Mansbach dan Kirsten L.Rafferty, pengantar politik global, bandung, penerbit nusa media, 2012
  16. Riyeke Ustadiyanto,” Framework e-Commerce”, Penerbit Andi Yogyakarta,2001
  17. Toni Febriyanto, Mengenal E-commerce dan pajaknya, Inside Tax, 2015, edisi 25
  18. UNCTAD,World Investment Report, Dikutip dalam Stephen D. Cohen, Multinational Corporations and Foreign Direct Investment, Avoiding Simplicity Embracing Complexity,2007
  19. Zheng Qin, Introduction to E-commerce Beijing: Tsinghua University Press, 2009
  20. INTERNET/WEBSITE
  21. Amir Kamiruddin, Alibaba Akuisisi Lazada dalam https://dailysocial.id/post/alibaba-akuisisi-lazada diakses pada tanggal 6 agustus 2017
  22. Andrew Cheah, Indonesia: The New Frontier for Mobile Marketing, dalam http://apac.thinkwithgoogle.com/articles/indonesia-new-frontier- mobile-marketing.html diakses pada tanggal 4 agustus 2017
  23. Alibabagroup.com, (2014) dalam http://www.alibabagroup.com/en/ir/financial diakses pada tanggal 29 juli 2017
  24. Company overview alibaba, dalam http://www.alibabagroup.com/en/about/overview diakses pada tanggal 29 juli 2017
  25. December quarter 2015 and march quarter 2017 press report, dalam http://www.alibabagroup.com/en/ir/earnings.php diakses pada tanggal 29 juli 2017
  26. Jonatan camhi, Southeast Asia's set for explosive e-commerce growth, dalam http://www.businessinsider.com/southeast-asias-set-for-explosive-e- commerce-growth-2017-5/?IR=T diakses pada tanggal 1 Agustus 2017
  27. Kumparan, Lazada Mulai Jual Produk dari E-commerce Taobao, dalam https://kumparan.com/aditya-panji/lazada-mulai-jual-produk-dari-e- commerce-taobao diakses pada tanggal 6 agustus 2017
  28. Kompas, 75 persen pasar ekspedisi dikuasai asing, dalam http://nasional.kompas.com/read/2008/08/22/1314108/75.persen.pasar.ekspedisi.dikua, diakses pada tanggal 15 agustus 2017
  29. Mourdoukoutas, P. (2014). Alibaba's Five Advantages. Forbes. Dalam https://www.forbes.com/sites/panosmourdoukoutas/2014/04/15/alibab as-five-advantages/#5c13376f70a6 diakses pada tanggal 30 juli 2017
  30. Koran sindo, incar asia tenggara Alibaba akuisisi lazada, http://www.koran- sindo.com/news.php?r=0&n=2&date=2016-04-13 diakses pada 17 maret 2017
  31. Pcplus, enam negara asean dengan populasi digital terbesar, https://www.pcplus.co.id/2017/01/fitur/enam-negara-asean-dengan- populasi-digital-terbesar/ diakses pada tanggal 17 maret 2017
  32. Quartz, Southeast Asia’s middle class is diverse, confident, and growing richer by the day, dalam https://qz.com/591380/southeast-asias- middle-class-is-diverse-confident-and-growing-richer-by-the-day/ diakses pada tanggal 1 Agustus 2010
  33. Rara Kinasih, What Indonesia’s New Ecommerce Regulation Means for Foreign Players, dalam https://ecommerceiq.asia/faqs-indonesias- new-ecommerce-regulations/ diakses pada tanggal 5 agustus 2017
  34. Statista, Indonesia Growth rate of the real gross domestic product (GDP) from 2010, dalam https://www.statista.com/statistics/320068/gross- domestic-product-gdp-growth-rate-in-indonesia/ diakses pada tanggal 4 agustus 2017
  35. Simon kemp, Digital in SouthEast Asia in 2017, We Are Social, https://wearesocial.com/special-reports/digital-southeast-asia-2017, diakses pada tanggal 2 agustus 2017
  36. Tech asia, fakta menarik tentang Alibaba, https://id.techinasia.com/fakta- menarik-tentang-alibaba-jack-ma, diakses pada 7 maret 2017
  37. Disampaikan oleh Jack Ma, menjelang pengunduran dirinya sebagai CEO Alibaba Group, dalam sesi kuliah umum bertajuk ‘Ideas and Technology Can Change the World’ di Standford University (4/5/2013),Youtube,http://www.youtube.com/watch?v=euxJhgYZXL
  38. Walraven, P. (2009). A Brief History (and Future) of Alibaba.com - TechNode. TechNode. Dalam http://technode.com/2009/01/22/a- brief-history-and-future-of-alibabacom/ diakses pada tanggal 29 juli 2017.
  39. Widi Agustian, Alibaba resmi Akuisisi Lazada, dalam http://economy.okezone.com/read/2016/04/12/320/1360787/alibaba- resmi-akuisisi-lazada diakses pada tanggal 6 agustus 2017
  40. Yoga Hastyadi Widiartanto, Tokopedia Dapat Suntikan Dana Triliunan Rupiah dari Alibaba? Dalam http://tekno.kompas.com/read/2017/07/25/11371217/tokopedia-dapat- suntikan-dana-triliunan-rupiah-dari-alibaba- , diakses pada tanggal 6 agustus 2016
  41. JURNAL
  42. Bashar malkawi, E-Commerce in Light of International Trade Agreements: The WTO and the United States-Jordan Free Trade Agreement, dalam https://www.researchgate.net/publication/30948469_E- Commerce_in_Light_of_International_Trade_Agreements_The_WT O_and_the_United_States-Jordan_Free_Trade_Agreement diakses pada tanggal 5 agustus 2017
  43. Baum, David, 1999. E-Commerce. New Jersey : oracle corp.Indonesia E-commerce landscape, Insights into asia pasific fastest growing market, Singapore Post, 2014, memahamiE-commerce, Modul E-commerce http://kalamkata.org/ebook/indonesian/Modul05-ecommerce.pdf
  44. Septriana Tangkary, SIAP MENJADI RAJA DIGITAL ASEAN?, Kominfo, 2016