PENGEMBANGAN KONSTRUKSI KAPAL PADA KAPAL PINISI DENGAN MENGGUNAKAN LAMBUNG LAMINASI

Penulis

  • Nurul Hijrah Bahar Departemen Teknik Kelautan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Indonesia
  • Cici Faradilah Departemen Teknik Kelautan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v7i1.31674

Kata Kunci:

Kapal, Konstruksi, Laminasi

Abstrak

Perkembangan teknologi pelayaran terus berlanjut dengan ditemukannya metode konstruksi baru untuk mencapaihasil yang cepat dan hemat biaya. Perkembangan teknologi pelayaran mulai menunjukkan arah yang lebih baikdan pelayaran sebagai alat transportasi telah menjadi bisnis yang sangat menjanjikan bagi industri pelayaran diIndonesia. Berbeda dengan pembangunan kapal sipil yang proses hukumnya masih tradisional dan memerlukanwaktu yang lama, terutama untuk kapal swasta. Sangat penting untuk memperhatikan faktor-faktor yangmempengaruhi kondisi kapal. Faktor-faktor yang berkaitan dengan kinerja dan produktivitas kapal tentunya harusdiperhitungkan, terutama ketika menghitung muatan kapal. Karena bertambahnya beban akan mengurangi bebanmaksimal yang dapat diangkut kapal dan otomatis mempengaruhi kestabilan kapal, dll. Dengan kondisi tersebutmaka perlu dilakukan perhitungan terhadap kinerja baja kapal yang akan digunakan nantinya agarpengumpulannya sesuai dengan harapan pemilik kapal. Perkembangan cara kerja dinilai negatif karena adanyaperbedaan kondisi saat ini, khususnya di sektor manufaktur, terutama pada kualitas teknologi dan sumber dayamanusia. Oleh karena itu, salah satu metode yang digunakan adalah metode teknologi laminasi, yaitumenggabungkan satu atau lebih jenis bahan menjadi satu. [3]

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aditya amor patria, Triwilaksandio wuruk pribadi, “Analisis Teknis dan Ekonomis Pembangunan Kapal

Ikan Tradisional Ukuran <10 GT berbahan kayu utuh dengan teknologi laminasi kayu mahoni,” jurnal

teknik its Vol. 6, No. 1, (2017)

Dian dolani simanjuntak, syaifuddin, ronal mangasi hutauruk. 2019. “Efektivitas perekat pada laminasi

lambung kapal kayu”, Faklutas Tperikanan dan kelautan, Universitas Riau, Pekanbaru.

Irawan, H. 2011. “Usulan konstruksi kapal kayu tradisional dengan menggunakan lambung laminasi”,

Tugas Akhir, Program studi Teknik Perkapalan, Universitas Indonesia

Jozua CH. Huwae, Heru Susanto, “laminasi fiberglass sebagai alternatif untuk melindungi konstruksi

lambung kapal kayu” bulletin matric Vol. 13, No. 2, Desember 2016

Sunardi, ST, MT, Dr. Bambang S, Spi.,MT, Dr. Ali Muntaha, A.Pi, SPi.,MT, “laminasi fiberglass untuk

memperbaiki kapal ikan kayu di kecamatan lekok, kabupaten pasuruan jawa timur”, Journal Ilmiah

Rinjani_Universitas Gunung Rinjani Vol. 4 Tahun 2016

B. Purnama and T. Rachman, “Techniques For Handling Deformation Welding Of Ship Building Construction Supporting Elements”, zonalaut, vol. 5, no. 1, pp. 112-118, Mar. 2024.

S. Suardi, “Freeboard and Trim Measurement: a Case Study of Landing Craft Tank Conversion to Ship Power Plan”, zonalaut, vol. 5, no. 1, pp. 1-6, Mar. 2024.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Bahar, N. H., & Faradilah, C. (2024). PENGEMBANGAN KONSTRUKSI KAPAL PADA KAPAL PINISI DENGAN MENGGUNAKAN LAMBUNG LAMINASI. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 7(1), 86-90. https://doi.org/10.62012/sensistek.v7i1.31674

Terbitan

Bagian

Teknologi Kelautan