ANALISIS JUMLAH HARI AMAN KAPAL KARGO DAN PENUMPANG UNTUK MELAKUKAN BONGKAR MUAT DI PELABUHAN BANTAENG

Penulis

  • Chairul Paotonan Departemen Teknik Kelautan Universitas Hasanuddin, Makassar
  • Muhamad Arafah Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v2i1.13273

Kata Kunci:

Kata kunci : Pelabuhan, kapal, Gelombang, Hari aman, Bongkar muat.

Abstrak

Aktivitas bongkar muat barang dan penumpang di pelabuhan harus dijamin aman. Secara geografis, lokasiP elabuhan Bantaeng berpotensi mendapatkan gangguan gelombang tinggi. Akibatnya, kapal kapal kecil sulit untukmelakukan proses bongkar muat. Oleh karena i tu , harus diketahui berapa hari kapal dapat melakukan prosesbongkar muat dengan aman di pelabuhan setiap tahun.Penelitian ini bertujuanuntuk menentukan jumlah hari yang aman bagi kapal untuk melakukan proses bongkar muatdi P elabuhan Bantaeng berdasarka n ukuran kapal. Penelitian dimulai dengan mengumpulkan data gelombang. Datagelombang yang digunakan adalah ketinggian gelombang signifikan yang bersumber dari European Center forMedium Range Weather Forecasts (ECMWF) dari 2009 hingga 2018. Hasil analisis data menunjukkan bahwa untukkapal dengan ukuran kurang dari 500 GT, jumlah operasi yang aman hari adalah 57 hari. Untuk kapal menengah(500 hingga 50.000 GT) jumlah hari aman adalah 257 hari sedangkan untuk kapal yang lebih dari 50.000 GT jumlahhari ama n adalah 329 hari.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bretschneider, C. L. 1957. Revisions in Wave Forecasting: Deep and Shallow Water. Proceeding of the 6 th Conference on Coastal Engineering, Council on Wave Research. p:1-18.

Munk, W. H. 1944. Proposed Uniform Procedure for Observing Waves and Interpreting Instrument Records.Scripps Institute of Oceanography. California.

Satriadi A. 2017. Peramalan Tinggi dan Periode Gelombang Signifikan Di Perairan Dangkal (Studi Kasus Perairan Semarang). Buletin Oseanografi Marina April 2017 Vol 6 No 1:17–23.

Smith, T. L. dan T. Waseda. 2008. Wind Wave Growth at Short Fetch. Journal of Physical Oceanography. 38:1597- 1606.

Sverdrup, H. U. dan Munk, W. H. 1947. Wind, Sea, and Swell: Theory of Relations for Forecasting. U.S. Navy Department, Hydrographic Office. 44 hlm.

U. S. Army. 1984. Shore Protection Manual. U. S. Government Printing Office. 1.088 hlm.

U. S. Army. 2008. Coastal Engineering Manual. U. S. Government Printing Office. Washington D.C.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-10-01

Cara Mengutip

Paotonan, C., & Arafah, M. (2019). ANALISIS JUMLAH HARI AMAN KAPAL KARGO DAN PENUMPANG UNTUK MELAKUKAN BONGKAR MUAT DI PELABUHAN BANTAENG. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 2(1), 117-123. https://doi.org/10.62012/sensistek.v2i1.13273

Terbitan

Bagian

Rekayasa dan Manajemen Kepelabuhanan dan Transportasi Laut