منهج تدريس الكلام في اللغة العربية

DOI:

https://doi.org/10.20956/jna.v5i2.3863

Authors

  • Faridah Rahman Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Unhas

Abstract

Makalah   ini  menginformasikan  tentang  Pengajaran  Keterampilan  Berbicara  dalam  Bahasa  Arab  pada  semua  tingkatan  sekolah.  Secara  jelas diakui bahwa  keterampilan   menyimak  (الاستماع)     menempati  urutan  awal  menurut   prioritas, disusul oleh keterampilan berbicara  (    الكـلام /   المحادثة ) , kemudian membaca (القـراءة  )   dan terakhir  menulis  (الكتــابة) . Makalah  ini  juga  menginformasikan  sistimatika  pelaksanaan  pengajaran  keterampilan  berbicara  dalam bahasa Arab  yang  diawali  pemilihan/ pengorganisasian  materi, jenis-jenis kegiatan  komunikatif,  pre-teaching Plan (Rencana  Penyajian  Materi),  Demonstration /  mendemonstrasikan  percakapan  dan  Role  Plays  / main peran yaitu   menulis  naskah yang dikerjakan  secara  berkelompok baik  yang  dipersiapkan  dalam   kelas   maupun  di luar  kelas   (di luar jam  kuliah),   seterusnya   secara   bergilir   diminta  memainperankan  tugasnya  di depan kelas. Informasi  pada  makalah ini  diharapkan  dapat  menjadi  bahan  perbandingan  terhadap  apa  yang  telah   dilaksanakan  atau  sementara  dilaksanakan  pada  pengajaran   keterampilan  berbicara   dalam   bahasa    Arab.

Downloads

Read More

Downloads

Published

2008-02-01

How to Cite

Rahman, F. (2008). منهج تدريس الكلام في اللغة العربية. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 21-39. https://doi.org/10.20956/jna.v5i2.3863