Penerapan Reward dan Punishment Sebagai Strategi Pembinaan Disiplin Berbahasa Arab Siswa TMI Putri Al-Amien Prenduan

DOI:

https://doi.org/10.20956/jna.v20i3.31826

Penerapan Reward dan Punishment

Authors

  • Ihwan Mahmudi Universitas Darussalam Gontor
  • maghfirotul Hasanah Universitas Darussalam Gontor
  • Rahmat Hidayat Lubis Universitas Darussalam Gontor
  • Fakhira Aprilia Miladi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
  • Nur Fera Khalifah Universitas Darussalam Gontor

Abstract

Abstrak Penerapan reward dan punishment merupakan salah satu strategi pembinaan dan penanaman karakter disiplin berbahasa Arab siswa dengan tujuan agar memudahkan wali kelas, para pengajar dan penanggungjawab bagian bahasa dalam mendisiplinkan siswanya, terlepas dari itu juga agar siswa senantiasa terbiasa dan konsisten dengan hidup berdisiplin khususnya disiplin berbahasa Arab serta memotivasi siswa agar terus keterampilan bahasa yang dimilikinya dan meraih prestas. Selain itu, ajuga untuk memberikan efek jera bagi yang melanggar tata tertib dan peraturan yang telah disepakati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Seluruh siswa kelas V DIA A TMI Putri dengan jumlah 27 siswa dijadikan sebagai populasi penelitian dan yang akan dijadikan sebagai sample penelitian dengan jumlah keseluruhan siswa atau 100% dari jumlah populasi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini penerapan reward dan punishment sebagai strategi dalam membina dan menanamkan karakter disiplin berbahasa Arab siswa dapat memudahkan para guru dalam membina karakter disiplin berbahasa Arab siswa dan dapat memotivasi siswa untuk terus mengembangkan keterampilan bahasa, dan untuk meraih prestasi serta menjadikan siswa lebih baik dari pada sebelumnya. Tak hanya itu siswa juga menerapkan sifat jujur dan kesadaran diri serta mengakui kesalahan dan pelanggaran yang telah ia lakukan. Dengan demikian maka penerapan reward dan punishment sebagai strategi dalam membina dan menanamkan karakter disiplin berbahasa Arab siswa terbilang cukup memuaskan serta memudahkan para guru dalam mendidik dan membentuk karakter disiplin siswa khususnya disiplin berbahasa Arab. Kata Kunci: Reward, Punishment, Disiplin Berbahasa Arab

Downloads

Read More

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ihwan Mahmudi, maghfirotul Hasanah, Rahmat Hidayat Lubis, Fakhira Aprilia Miladi, & Nur Fera Khalifah. (2023). Penerapan Reward dan Punishment Sebagai Strategi Pembinaan Disiplin Berbahasa Arab Siswa TMI Putri Al-Amien Prenduan: Penerapan Reward dan Punishment . Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 20(3), 57 - 75. https://doi.org/10.20956/jna.v20i3.31826