Identifikasi Kesulitan Belajar Agama dan Solusinya Terhadap Mahasiswa Alumni Sekolah Umum di Jurusan PAI UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.20956/jna.v18i1.13802

Authors

  • Rofia Masrifah UIN Alauddin

Abstract

Penelitian ini membahas tentang identifikasi kesulitan belajar agama dan solusinya terhadap mahasiswa alumni sekolah umum di jurusan Pendidikan Agama islam UIN Alauddin Makassar. Adapun pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana megidentifikasi kesulitan belajar agama dan Solusinya terhadap mahasiswa alumni sekolah umum di Jurusan Pendidikan  Agama Islam UIN Alauddin Makassar yang kemudian diuraikan dalam beberapa submasalah sebagai berikut : 1) bagaimana kesulitan belajar agma bagi mahasiswa alumni sekolah umum di jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Alauddin Makassar? 2) faktor-faktor apa yang mempengaruhi kesulitan belajar agama mahasiswa alumni sekolah umum di jurusan Pendidikan Agama islam UIN Alauddin Makassar? 3) Bagaimana solusi kesulitan belajar agama mahasiswa alumni sekolah umum di jurusan Pendidikan Agama islam UIN Alauddin Makassar? Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kesulitan belajar agama bagi alumni sekolah umum terletak pada rendahnya kemampuan mereka dalam memahami materi disebabkan oleh latar belakang pendidikan yang berasal dari sekolah umum di mana di antara mereka sangat kurang bahkan tidak pernah belajar sama sekali mendapatkan pelajaran agama secara kompleks dalam hal ini Ilmu Fikih, Ilmu al-Qur’aan dan Hadits, Ilmu Akidah Akhlak, Sejarah Peradaban Islam dan Bahasa Arab Dasar di bangku sekolah, 2) adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar agama mahasiswa alumni sekolah umum adalah sikap belajar, motivasi belajar, konsentrasi belajar, kemampuan mengolah materi, kemampuan berprestasi, keperpercayaan diri, kebiasaan belajar, cita-cita mahasiswa, 3) solusi dari problematika ini diperoleh peneliti bersumber dari hasil wawancara beberapa dosen bahasa agama bahwa segala aspek pembelajaran agama harus terintegrasi dengan baik dan segala komponen harus terlibat secara aktif untuk mengidentifikasi kesulitan belajar agama mereka serta berupaya untuk mencari pemecahannya baik melalui materi, media, pendekatan maupun metode yang digunakan.

Downloads

Read More

Downloads

Published

2021-05-31

How to Cite

Rofia Masrifah. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Agama dan Solusinya Terhadap Mahasiswa Alumni Sekolah Umum di Jurusan PAI UIN Alauddin Makassar. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 18(1), 84-98. https://doi.org/10.20956/jna.v18i1.13802