PERSEPSI STAF MANAJEMEN TENTANG MANAJEMEN PEMASARAN RUMAH SAKIT DI RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

Nurhikmah Nurhikmah, Indahwaty Sidin

Abstract

Persepsi merupakan faktor psikologis yang mempunyai peranan penting yang dapat memengaruhi perilaku seseorang. Manajemen pemasaran terdiri atas riset pasar, strategi pemasaran, bauran pemasaran, implementasi pemasaran, dan kontrol pemasaran. RSUP Dr. Wahidin Sudirohusudo selama tiga tahun terakhir berorientasi pada kegiatan promosi. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran persepsi staf manajemen tentang manajemen pemasaran rumah sakit. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner pada 111 orang responden. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sebagian besar riset pasar dipersepsikan secara positif oleh middle management (73,7%). Untuk strategi pemasaran yang terdiri atas segmentasi dan target pasar yang dipersepsikan secara positif oleh middle management sebanyak 84,2% sedangkan posisi produk sebagian besar dipersepsikan negatif oleh frontline people sebanyak 51,1%. Bauran pemasaran yang terdiri atas produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, dan penampilan fisik telah dipersepsikan secara positif oleh middle management, tetapi sebagian besar frontline people masih mempersepsikan negatif seperti produk (52,2%), harga, lokasi dan orang (50%), serta promosi (51,1%). Disarankan agar RSUP Dr. Wahidin Sudirohusudo untuk melaksanakan sosialisasi dan pelatihan pemasaran kepada seluruh staf manajemen (frontline people) dan memanfaatkan persepsi dan pengetahuan middle management untuk meningkatkan kegiatan pemasaran di rumah sakit.

References

1. Utama S. Memahami Fenomena Kepuasan Pasien Rumah Sakit [Skripsi]. Medan: Universitas Sumatra Utara; 2003.

2. Mursid M. Manajemen Pemasaran. II ed. Jakarta: Bumi Aksara; 1997.

3. Suporiyanto S, Ernawaty. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Penerbit Andi; 2010.

4. Assauri S. manajemen Pemasaran. XI ed. Jakarta: PT Rajagrafindo; 2011.

5. Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. III ed. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2002.

6. Husain U. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka; 1997.

7. Rustiati NW, Rochmah TN. A Marketing Strategy and Tactic to Increase BOR of Puri Rahayu Main Ward of Negara General Hospital in Jembrana Regency. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan. 2005;3(1).

8. Jokhio AH, Winter HR, Cheng KK. An intervention involving traditional birth attendants and perinatal and maternal mortality in Pakistan. New England Journal of Medicine. 2005;352(20):2091-9.

9. Anditasari P. Hubungan antara Persepsi terhadap Konflik Peran dan Semangat Kerja Karyawan Divisi Teknik PT. Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Mrica Banjarnegara Semarang: Universitas Diponegoro; 2010.

10. Hamzah A. Analsis Penetapan Pasar Sasaran Rumah Sakit Stella Maris Makassar Tahun 2008. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. 2009;12(03).

11. Soemanagara RD. Persepsi Peran, konsistensi peran dan kinerja. Jurnal Ilmu Administrasi. 2006;III(4):280-94.

12. Kotler P. Manajemen Pemasaran: Analisa Perencanaan dan Pengendalian Edisi Kelima. Jakarta: PT Indeks; 1996.

13. Adiwijaya. Analisis Hubungan Antara Marketing Mix Dengan Keputusan Pasien Memanfaatkan Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar [Tesis]. Makassar: Universitas Hasanuddin 2005.

14. Hurriyati R. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta; 2005.

Authors

Nurhikmah Nurhikmah
nurhikmah_pinky@yahoo.com (Primary Contact)
Indahwaty Sidin
Nurhikmah, N., & Sidin, I. (2016). PERSEPSI STAF MANAJEMEN TENTANG MANAJEMEN PEMASARAN RUMAH SAKIT DI RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 9(1), 45-52. https://doi.org/10.30597/mkmi.v9i1.437
Copyright and license info is not available

Article Details